Kenapa saya membuka roadmap produk atau startup saya secara publik?

Jika kamu mengikuti saya di sosial media, pasti sudah tahu kalau saya sedang mengerjakan project Site2Static — sebuah aplikasi web yang mempermudahkan kamu untuk mengubah website milikmu menjadi static, tentunya dengan bandwidth yang besar dan bisa dipasang custom domain. Oke jadi mari kita bahas kenapa saya membuka roadmap produk / startup, dan kenapa itu merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

menu roadmap di landing page

Di landing pagenya Site2Static, itu di bagian paling atas kamu akan melihat menu dengan tulisan “Roadmap” yang ketika kamu klik maka akan menuju ke website Trello. Di situ saya membuat boards untuk menulis mulai dari ide, yang akan dikerjakan, yang sedang dikerjakan, dan yang sudah selesai.

roadmap startup publik

Lantas apa keuntungannya?

Sebenarnya salah satu alasannya saya buat seperti itu memang biar bisa accountable, karena sebagai seorang indie maker, saya tidak punya manager atau bos yang memerintah saya untuk begini dan begitu. Dan keuntungan lainnya adalah customer juga bisa memberikan feedback secara langsung ke saya, jadinya itu merupakan validasi ide yang butuh usaha sedikit tapi dampaknya cukup besar.

Apakah tidak takut untuk ditiru?

Jujur saja sebenarnya di awal-awal saya juga takut, tapi setelah dipikir-pikir, ide itu sama sekali tidak ada harganya, semuanya bergantung pada eksekusi. Sekalipun ada orang yang meniru mulai dari awal hingga akhir, mereka juga tidak bisa mendapatkan motivasi untuk terus mengambangkan aplikasi tersebut. Berbeda dengan saya yang memang tujuan dari awal adalah untuk memecahkan masalah saya sendiri, dan juga orang yang mau meniru itu gak bakalan sama untuk approach yang dipakai ketika sudah berada di area marketing. Percuma membuat suatu produk tapi tidak tahu cara menjualnya 🙂

Apa selanjutnya?

Saya berencana untuk membuka semua data statistik, mulai dari berapa jumlah pengunjung tiap hari, berapa yang daftar, biaya operasional (server) yang saya keluarkan, dan keuntungan yang didapat per bulan.
Mungkin anda bertanya-tanya kenapa? Jadi kita sekarang ini hidup di mana semua perusahaan itu data statistiknya serba tertutup, maka salah satu cara untuk “stand-out” atau berbeda ya dengan membuka data statistik tersebut. Terlebih lagi sebagai seorang indie maker / solo founder. Kalau tidak melakukan sesuatu yang beda, kalau hanya mengikuti jalan yang biasa, maka untuk meraih kesuksesan saya rasa juga cukup sulit.

Begitulah sedikit cerita kenapa saya membuka roadmap secara publik, semoga bisa menambah wawasan kita semua. Sebelumnya saya juga menulis tentang kenapa saya menyerah pada startup pertama saya yang hampir selesai, anda bisa membacanya jika tertarik, Dan jangan lupa untuk follow saya di Facebook untuk mendapatkan beberapa insights seputar indie maker / solo founder, pemrograman, dan bisnis.
(Psst… mungkin dalam waktu dekat saya akan menerbitkan buku gratis tentang Git – yang saya pelajari secara “hard way” di kantor, jadi jangan lupa untuk subscribe)